Rabu, 14 Maret 2012

Toko Virtual Home Plus: Berbelanja Sambil Menunggu Subway

Setelah lelah bekerja selama lima atau enam hari penuh, akhir pekan menjadi waktu yang ideal untuk beristirahat dan menyegarkan pikiran kembali. Namun, kebutuhan hidup mendesak mereka untuk mengorbankan waktu istirahat di akhir pekan untuk berdesak-desakan di toko untuk berbelanja. Online shopping pun menjadi salah satu solusi yang banyak digunakan.


Berbeda dengan konsep online shopping pada umumnya, perusahaan retail terkemuka di Eropa, Tesco, dan toko Home Plus mereka di Korea Selatan menyediakan alternatif berupa toko virtual. Jika online shopping mengharuskan pelanggan untuk mengakses situs toko dan memilih barang kebutuhan mereka secara online, toko virtual ini memaksimalkan penggunaan aplikasi dalam smartphone.
Home Plus menempelkan gambar jajaran barang kebutuhan sehari-hari yang mereka tawarkan di tembok stasiun subway di Korea Selatan. Deretan gambar barang kebutuhan tersebut ditempelkan dengan gaya yang memimik rak-rak barang di toko. Setiap gambar dilengkapi dengan QR Code yang dapat difoto dengan aplikasi smartphone Home Plus. Secara otomatis barang tersebut akan dimasukkan ke dalam keranjang belanja virtual. Barang-barang yang telah masuk ke dalam keranjang belanja virtual Home Plus akan dikirimkan langsung ke rumah pelanggan di waktu yang telah mereka tentukan sebelumnya.

Konsep toko virtual Home Plus ini membantu pelanggan dalam memaksimalkan penggunaan waktu luang mereka saat menunggu subway. Selain itu, mereka juga tidak perlu lagi menghabiskan waktu istirahat mereka dengan berbelanja langsung di toko. Mengingat jumlah pengguna smartphone dan tingkat kemacetan lalu lintas yang terus bertambah, konsep toko virtual ini seharusnya dapat dicontoh dan diaplikasikan di Indonesia.

Sumber: www.jagatreview.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar