Rabu, 14 Maret 2012

Microsoft Ciptakan Universal Translator untuk 26 Bahasa

Sepertinya, sebentar lagi tidak hanya James T. Kirk saja yang bisa berbicara dengan makhluk lain yang memiliki bahasa yang berbeda darinya. Atau, jika kita mau berbicara contoh nyatanya, kita tidak perlu lagi menunggu jeda yang cukup jauh sampai akhirnya mendengarkan hasil translasi dari sebuah seminar atau konferensi yang bahannya disampaikan oleh penutur bahasa lain melalui sebuah perangkat menyerupai mikrofon yang ditempelkan di telinga sepanjang pidato berlangsung. Berterima kasihlah kepada Microsoft!


Sebuah software akan berfungsi layaknya universal translator yang digunakan James T. kirk untuk berkomunikasi dengan alien.

Software ini diberi nama Universal Translator. Penciptanya, Frank Soong dan Rick Rashid, menyatakan bahwa software ini mampu mengonversi pidato yang disampaikan dalam bahasa Inggris ke dalam 26 bahasa dengan menggunakan suara sang pembaca pidato. Menariknya, software ini akan menerjemahkan dalam satuan kalimat, bukan satuan kata—yang biasanya masih terjadi dalam terjemahan yang dihasilkan Google Translate.

Sayangnya, suara yang dihasilkan software ini masih terdengar sangat teknis. Namun begitu, Soong dan Rashid tetap optimis bahwa software ini akan diminati banyak orang, terutama para turis dan pelajar yang sedang berada di luar negaranya dan hanya menguasai bahasa Inggris selain bahasa ibunya.

Secara teori, software ini nantinya bisa disertakan di dalam smartphone yang berarti akan semakin memudahkan pengguna melakukan translasi langsung dari genggaman dan hanya dengan sekali tekan.

Sumber: www.jagatreview.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar