Rabu, 14 Maret 2012

Teknologi T-Shirt yang Memungkinkan Anda Memainkan Gitar Virtual!

Para penggemar berat Jimi Hendrix dan Jimmy Page tentunya sering meniru gaya kedua musisi tersebut saat sedang memainkan gitar mereka. Perilaku ini sesuatu yang wajar apalagi saat seseorang sedang terhanyut saat mendengarkan salah satu lagu favoritnya. Bagaimana jika ekspresi tersebut dapat menghasilkan nada-nada sungguhan tanpa memerlukan gitar asli ataupun gitar tiruan? Anda hanya membutuhkan sebuah T-shirt.

 
foto: Dailymail

Generasi gitar selanjutnya tidak dipasarkan dengan bentuk bersenar dan membutuhkan amplifier. Sebuah gitar diselipkan di sebuah t-shirt spesial! Teknologi ini didesain oleh FauvelKhan, dua arsitek lulusan Universitas Swansea yang akhirnya menggandeng industri garmen yang dijalankan Fender dan Gibson untuk mengaplikasikannya ke dalam sebuah kaos. Teknologi ini memungkinkan Anda seakan memainkan gitar sungguhan!

Penasaran dengan cara kerja kaos tersebut? Gambar instrumen yang ada di kaos tersebut dideteksi komputer melalui sebuah barcode yang terletak di tengah instrumen. Barcode tersebut akan “di-scan” oleh webcam dan dihubungkan langsung ke sebuah software khusus yang akan “menangkap” setiap gerakan tangan pengguna yang disesuaikan dengan nada yang ditampilkan di layar. Selanjutnya, sistem permainan ini hampir sama dengan Guitar Hero.
Awalnya, ide ini dikembangkan oleh para bos, Luke Khan dan Warren Fauvel, sebagai kaos promosi untuk band The Last Republic. Penemuan ini berhasil menjadi nominasi di ajang SXSW Accelerator untuk kategori Music Related Technologies di Austin, Texas.

Sumber: www.jagatreview.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar