Rabu, 14 Maret 2012

Mengamankan Ranjau dan Bom, serta Memindahkan Furniture dengan iRobot

Perkembangan teknologi militer yang pesat telah berhasil menghadirkan iRobot. Produk ini tentu saja tidak mengacu kepada film sci-fi yang dibintangi Will Smith pada tahun 2004 silam, melainkan sebuah robot militer yang dibangun khusus untuk mengamankan ranjau dan bom. Robot ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum 13 km/jam dan dapat dikontrol secara remote hingga jarak 792 meter. Kemampuan ini memastikan kecepatan iRobot untuk mencapai lokasi ancaman, serta memastikan keamanan pengguna.


Robot berbobot 156 kilogram ini mampu mengangkat beban seberat 100 kilogram dan melarikan beban seberat 68 kilogram, baik menelusuri permukaan yang rata ataupun menaiki tangga. Kemampuan ini membuka sejumlah kemungkinan penggunaan di luar kebutuhan militer. Colin Angle, CEO iRobot, mengatakan bahwa pada tahun 2012 ini mereka melihat adanya kesempatan pertumbuhan di bisnis penggunaan robot untuk kebutuhan rumah tangga.

Tampaknya mengangkut atau memindahkan furniture dari satu ujung ruangan ke ujung lainnya akan menjadi pekerjaan yang ringan. Pengguna hanya perlu mengontrol iRobot menggunakan Aware 2 Robot Intelligence Software yang menampilkan pandangan melalui kamera yang terpasang di tubuh robot, serta animasi 3D yang memberi gambaran posisi iRobot dari setiap sudut.
Selain bobot iRobot, satu hal lainnya yang tidak ringan adalah biaya yang harus dikeluarkan konsumen untuk mendapatkan teknologi ini. iRobot rencananya akan diterjunkan ke pasaran pada bulan semi tahun ini dengan harga yang mencapai angka jutaan poundsterling (tidak ada informasi mendetail mengenai harga).

Sumber: www.jagatreview.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar