Selasa, 17 April 2012

Tugas ke 3 ( membuat paragraf )

Paragraf Generalisasi

Pemakaian kendaraan bermotor yang meningkatkan menyebabkan polusi udara meningkatkan pula. Gedung-gedung ber-AC bertambah terus menyebabkan terjadinya polusi atmosfer akibat penggunaan Freon pada Ac tersebut. Industri yang menjamur berkembang parallel dengan penambahan polutan di udara, di air, dan di daratan. Jadi peningkatan penggunaan teknologi modern berakibat pada peningkatan polusi.  

Paragraf Analogi

Seseorang yang rajin menabung dapat di ibaratkan dengan orang yang menenun kain. Helai demi helai benang di tata dengan rapi, dimasukkan kedalam jarum-jarum dan ditenun dengan teliti. Perlahan-lahan jalinan benang-benang itu akan membentuk kain yang kita inginkan. Begitu pula dengan menabung. Sedikit-sedikit uang kita tabung setiap hari. Lama-kelamaan tanpa terasa uang kita terkumpul banyak. Bila kita ingin membut baju, kita dapat menggunting kain kita. Begitu pula kita menabung uang.jerih payah hasil menabung yang kita nikmati sama dengan jerih payah penenun yang menikmati hasil tenunannya.


Paragraf Sebab-akibat


Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Thailand seperti diketahui juga berimbas pada pabrik-pabrik elektronik termasuk dua pabrik penghasil hardisk milik Seagate dan Western Digital (WD) yang berada di Negeri Gajah Putih itu. Akibatnya, pabrikan hardisk tersebut terpaksa menghentikan produksinya akibat banjir menerjang. Tidak beroperasinya kedua merek besar tersebut tentunya akan berdampak besar terhadap pasokan hardisk di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar